Tahukah Kamu, Sebenarnya ALS itu Apa Kesehatan

Kesehatan

Sekarang ini baik di media sosial maupun media cetak dan elektronik,  lagi hits melakukan tantangan Ice Bucket Challenge. Sebenarnya apa sih Ice Bucket Challenge dan ada apa di balik itu?

Ice Bucket Challenge atau dalam Bahasa Indonesia berarti tantangan menyiram air, adalah kegiatan penggalangan dana untuk melakukan penelitian tentang penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) dan meningkatkan awareness terhadap penyakit syaraf degeneratif tersebut. Ice Bucket Challenge mengharuskan orang yang ditantang untuk memilih melakukan tantangan serupa atau membayar donasi ke yayasan ALS, atau bahkan bisa melakukan keduanya. Batas waktu untuk menjawab tantangan tersebut adalah 24 jam, dan jika tantangan sudah dilakukan maka orang tersebut berhak menantang tiga orang lainnya untuk melakukan tantangan serupa. 

ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) sendiri adalah penyakit neurologis yang fatal. Ini adalah penyakit syaraf yang menyerang bagian neuron pengendali otot lurik atau otot gerak. Mengidap penyakit ini berarti seseorang akan sulit bergerak walaupun pikiran masih normal berfungsi. Singkatnya, hal itu seperti pikiran yang terperangkap dalam tubuh lumpuh. Ini seperti yang diidap oleh ilmuwan terkemuka, Stephen Hawking.

Dikutip oleh laman news.health.com, ada beberapa fakta mengenai penyakit ALS ini :

1. Sulit menggerakkan anggota tubuh. Penyakit ini mempengaruhi syaraf gerak sehingga penderita akan perlahan mengalami kesulitan bergerak, mulai dari tangan, lengan, kaki, dan wajah. Akibatnya, penderita sering merasa depresi akibat perasaan dikucilkan, malu dan putus asa.

2. Penyebabnya masih belum jelas

3. Beberapa ada yang menyebut ALS adalah penyakit bawaan atau keturunan, namun itu hanya sekitar 5 – 10 persen saja yang diidap oleh mereka yang memiliki ikatan darah. Sementara lebih banyak pengidap tidak memiliki hubungan darah sehingga penyebabnya masih belum jelas.

4. Perlahan makin parah

5. Penderita ALS umumnya mengalami gejala yang datang secara bertahap, misalnya terasa kedutan di otot, kram, otot tegang, serta makin lama makin parah. Kadang penderita mengalami kesulitan mengunyah atau menelan.

6. Hidup lebih lama dengan obat. Sebuah obat yang digunakan hingga kini, bernama Riluzole, membuat harapan hidup pasien ALS jadi lebih lama. Obat tersebut juga membantu mengatasi gejala yang makin parah.

7. Umumnya ALS menyerang pria dan penduduk negara berkulit putih. Itu sebabnya tren Ice Bucket Challenge berasal dari Amerika.

 

Sumber : taukahkamu

 

dangdut Ajang Siar unik hobi gadget bulu tangkis bola kuliner kediri manca indo internasional fresh music olahraga karir program terbaru tekno event nasional kediri kesehatan movie indonesia

    0 Komentar Pada Artikel Ini

 

Tinggalkan Komentar